Selasa, 29 Agustus 2017

TATA IBADAH HARI PENTAKOSTA
DAN PELEPASAN  PAUD KOBER EBENHAEZER
BAJAWA


PERSIAPAN:
Seorang  majelis jemaat menyapa jemaat  dan undangan: Jemaat Tuhan yang terkasih; bersyukurlah kepada Tuhan oleh karena IA baik. Karena kebaikan-Nya maka pagi ini kita semua dimungkinkan untuk merangkai ibadah, melantunkan puji dan sembah kita ke hadirat-Nya melalui ibadah berkenaan dengan momentum pencurahan Roh Kudus yang dipadukan dengan Pelepasan Anak Didik KOBER Ebenhaezer Bajawa. Sebagai Khadim pada Ibadah ini  adalah  Bapak Pendeta Benyamin Huwae, S.Th. Selanjutnya, Satuan Majelis Jemaat GMIT Ebenhaezer Bajawa dengan sukacita, mengajak kita semua untuk mempersiapkan diri memasuki jam ibadah nan berahmat ini dengan penuh kikmat……………………….. (Lonceng gereja dibunyikan 3 kali  dilanjutkan dengan prosesi wisudawan-wisudawati bersama Majelis Jemaat memasuki ruang kebaktian diiringi dengan musik dan tari-tarian dari anak-anak PAR serta penyerahan Alkitab di depan mimbar)

Majelis Jemaat (MJ): Para penyembah Allah terkasih, marilah kita berdiri  sembari penuh hikmat
kita menaikan pujian dan sembah kita ke hadirat Tuhan  dengan memuliakan nama-Nya bersama pujian berikut:

Jemaat (J) : Menyanyi  PKJ No. 13 : 1-3 Kita Masuk RumahNya

VOTUM & SALAM
Pendeta (P) : Pertolongan kita dalam Kebaktian  Pentakosta dan Syukuran Pelepasan Anak Didik  Kober Ebenhaezer Bajawa  adalah di dalam nama Tuhan yang menjadikan langit dan bumi, yang  menyelamatkanNya dalam cinta kasih Yesus dan yang menemani dalam tuntunan Roh Kudus. Tuhan menyertai saudara sekalian.
J :   Amin. Terpujilah Allah. (Jemaat duduk)


INTROITUS
P : Membaca Nats Pembimbing dari…….
J : Menyanyi  KJ No. 234:1,2 dan 4 Di Hari Pentakosta

PENGAKUAN DOSA       
Penatua (Pnt)  :    Marilah kita mengakui kelemahan diri kita masing-masing kepada Allah di dalam Kristus Yesus. Kelemahan kita  yang menimbulkan iri hati, marah, benci dan  curiga kepada sesama. Semua ini telah mengakibatkan permusuhan, hubungan yang hambar dan tidak merasakan damai sejahtera baik dengan sesama maupun Tuhan
.........................Saat teduh........................
Pnt       : Ya Allah yang kudus dan yang penuh kemurahan, kami menyadari dan mengaku dihadirat-Mu, diri  kami yang berdosa dan rapuh, sehingga cepat untuk berbuat jahat tetapi lambat untuk berbuat baik.
Kami menyadari dan mengaku akan kelemahan kami dan sikap hidup yang mementingkan diri sendiri dalam hubungan kami dengan sesama.
Engkau mengetahui seberapa sering kami berdosa, menjauh dari jalan-Mu, menyia-nyiakan pemberianMu dan melupakan kasih-Mu.
Ya Allah yang Maha kasih, kasihanilah kami orang-orang yang telah malu dan yang telah menyesal ini, karena dalam segala hal kami telah menyakiti hati-Mu.  Ajarilah kami untuk membenci kesalahan  yang kami lakukan. Bersihkanlah kami dari dosa. Demi nama  Anak-Mu yang kekasih.

J :     Tolonglah kami ya Allah yang Pengasih agar kami hidup dalam terangMu dan  
  berpaling  pada jalanMu sesuai perintah Yesus Kristus, Tuhan kami.
Semua: Kami mohon, kiranya melalui pencurahan Roh Kudus hari ini, hidup kami terus diperbaharui dan iman kami semakin kuat di dalam pengiringan akan Dikau sekarang dan sepanjang masa, Amin.   

J  : Menyanyi  PKJ No. 37:1  Bila Kurenung Dosaku

BERITA ANUGERAH ALLAH
P : Jikalau ratapan, penyesalan dan permohonanmu demikian, maka sekarang  dengarlah dan terimalah berita Anugerah Allah sebagaimana  FirmanNya   “Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia”.  Berdasarkan Firman Tuhan ini, maka selaku pelayan Yesus Kristus, saya memberitakan bahwa berita pengampunan  dosa telah berlaku dalam Nama Bapa, Anak dan Roh Kudus.

J: Menyanyi  PKJ No. 46:1 Dari Kungkungan Duka Kelam

PETUNJUK HIDUP BARU  (Jemaat Berdiri)
P    :   Aku memberitahukan perintah baru kepadamu yaitu supaya kamu saling   mengasihi
J    :   Sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi.
P    :   Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku
P+J : Yaitu jikalau kita saling mengasihi.

Jemaat Menyanyi  KJ No. 46:1 Besarkan Nama Tuhan

(Jemaat duduk)

PADUAN SUARA/VG/SOLO

PELAYANAN FIRMAN TUHAN
Pnt : Berdoa dan membaca Alkitab......lalu berkata : “Demikianlah Firman Tuhan”.
P : Mengucapkan “Berbahagialah.........Haleluyah”
J : Menyanyi: Haleluyah....Haleluyah……..Haleluyah.. …..
P : Berkhotbah

PADUAN SUARA/VG/SOLO
PENGAKUAN IMAN RASULI :    (Jemaat  berdiri )
P          :   Bersama semua orang percaya di segala tempat dan pada segala masa, marilah kita
    mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli, demikian : Aku Percaya……………………...
J :    Menyanyi NKB No. 121 :1 Yesus Tuhanku Dialah Segalanya

(Jemaat duduk)   
PERSEMBAHAN SYUKUR
Diaken :  Jemaat Tuhan, Allah telah memberikan yang terbaik bagi kita di dalam Kristus,  Allah telah menyelamatkan kita. Sebab itu, muliakanlah Allah melalui persembahan syukur hari ini, Tuhan Memberkati.
Diaken : Ya Allah, Ya Tuhan  kami. Kami bersyukur atas pencurahan Roh Kudus  sebagai pengganti-Mu yang senantiasa setia menemani hidup kami. Kami datang di hadirat-Mu seraya bersyukur pula atas berkat kasih saying-Mu yang selalu kami alami dan nikmati dalam hidup kami. Kami mohon, berkatilah persembahan ini. Sebab siapakah  kami yang dapat memberi dari kesukaan  sendiri? Semuanya Tuhan punya dan kami berikan dari tangan Tuhan sendiri. Masih banyak lagi yang ada pada tangan kami. Karena itu, kami mohon, curahkanlah roh hikmat-Mu bagi kami agar dapat menggunakan berkat-berkat-Mu dengan bijaksana demi hormat dan kemuliaan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kurban yang  hidup itu kami berdoa, Amin.

J : Menyanyi NKB No. 100:1-3 Rindukah Engkau Mendapat Berkat Tuhan

Prosesi Wisuda  PAUD-KOBER Ebenhaezer (acara tersendiri)

DOA SYAFAAT  :
WARTA JEMAAT
 
J : Berdiri dan menyanyi : NKB No. 102: 1 dan 4: Sebarkan WartaNya


PENGUTUSAN DAN BERKAT
P   : Para penyembah Allah terkasih! Bersama-sama dengan pencurahan Roh Kudus dan pelepasan anak didik Kober Ebenhaezer Bajawa hari ini maka pulanglah ke dalam seluruh hidup dan kehidupanmu baik sebagai pribadi maupun keluarga  dan jalanilah pergumulan hidupmu, nikmatilah berkat Tuhan  dari hari ke hari. Arahkanlah hatimu dan terimalah berkat Tuhan: “Karena cahaya-Mu jalan kami terang, karena Tuntunan tangan-Mu langkah kami riang, karena firman-Mu hati dan hidup kami menjadi baru. Karena Roh Kudus-Mu semua aktivitas demi mempersiapkan  tunas-tunas  gereja di masa mendatang  boleh berlangsung sukses. Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus pengasihan Allah Bapa dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekarang dan selama-lamanya.

J : Menyanyi   Amin, Amin, Amin  (Jemaat duduk)

SAAT TEDUH

PUJIAN PENUTUP  : Jemaat berdiri dan menyanyi lagu “Tuhan Allah Beserta Engkau” sambil  Pendeta & MJ menuju Pintu depan untuk memberi salam kepada Jemaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar